Jumat, 21 Januari 2011

Sumber-sumber Pencemaran Air

Sumber pencemaran air ada bermacam-macam, yaitu :
#Rumah tangga
Limbah rumah tangga dapat berupa sampah maupun cairan MCK. Sampah dari kota dibuang  di beberapa tempat, dan sering tidak tertangani secara memadai karena terlalu banyak jumlahnya.
Air hujan misalnya yang mengalir melalui tempat pembuangan sampah dapat melarutkan zat beracun yang kadang terdapat dalam sampah, akan memasuki tanah.
Diantara limbah tersebut ada yang terurai dan ada pula yang tidak terurai.Limbah rumah tangga ada juga yang memiliki daya racun tinggi, misalnya sisa obat, baterai bekas,dan air aki. Limbah tersebut tergolong berbahaya dan beracun
#Lalu Lintas
Limbah lalu lintas berupa oli, minyak tanah, dan tumpahan minyak dari kapal tangker. Tumpahan minyak akibat kecelakaan mobil tangki minyak itu dapat mengotori tanah. Selain di darat kegiatan pencemaran terhadap lalu lintas juga sering terjadi di lautan contohnya kapal tangker yang tumpah. tumpahan minyak itu dapat merusak ekosistem di dalam laut contohnya ikan-ikan pada mati.
#Pertanian
Pasti kalian bertanya-tanya kok limbah pertanian ea ?? Sebenarnya limbah pertanian itu adalah limbah yang berupa sisa penyemprotan biosida yang berlebihan. Biosida digunakan pak tani untuk melindungi tanaman mereka dari hama. Tapi limbah pestisida mempunyai sifat kimia yang stabil, yaitu tidak terurai di alam sehingga zat tersebut akan mengendap di dalam tanah.Selain itu pemupukan yang berlebihan berpengaruh terhadap pembiakan tumbuhan air. Pupuk digunakan untuk menyuburkan tanah yang secara alami menyediakan makanan bagi tanaman. Sebenarnya kotoran hewan merupakan pupuk alami. Namun yang digunakan dalam pertanian monokultur kebanyakan pupuk buatan. Pupuk yang tidak diserap oleh tanaman akan mengalami pencucian dan mencemari perarian
# Industri
Beberapa jenis industri adalah pencemaran berat bagi air karena di antaranya membuang bahan kimia berbahaya ke sungai. Zat-zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam air dapat menimbulkan pencemaran yang dapat membahayakan makhluk hidup pengguna air tersebut, termasuk manusia.
Kegiatan pertambangan juga dapat menghasilkan endapan lumpur dalam jumlah besar. Jika turun hujan lumpur ini bisa terbawa aliran air hujan sampai ke sungai. Hal ini dapat menyebabkan kekeruhan air.
#Penebangan Hutan
penebangan hutang secara besar besaran dan berkelanjutan dapat menyebabkan hutan gundul dan dapat menyebabkanerosi pada musim hujan, sehingga terjadi pengikisan humus dan tanah. Pengikisan humus ini selain menyebabkan lahan kritis juga mencemari air hlo......Air hujan yang jatuh langsung mengalir di permukaan dengan membawa tanah dalam alirannya. Akibat kualitas air permukaan menurun kerana terlalu banyak partikel partikel tanah di dalamnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger