Minggu, 23 Januari 2011

PENANGGULANGAN PENCEMARAN AIR

Pencemaran air tuh pada dasarnya terjadi karena pembuangan limbar secara langsung ke badan air. Pengolahan limbah bertujuan memperkecil kadar pencemaran yang ada agar tidak membahaykan lingkungan kita ini. Terus sebenarnya bagaimana sih cara penanggulangannya..?? caranya :
1. Masyarakat
hlo kenapa harus masyarakat sih... karena secara alami ekosistem air dapat melakukan rehabilitasi apabila terjadi pencemaran terhadap air. Tapi kemampuan itu ada batasnya. Penanggulangan pencemaran air secara preventif dapat dilakukan oleh masyarakat dengan cara tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai. Penanganan limbah rumah tangga dapat dilakukan dengan membuat septic tank dan kolam pengolahan air buangan .
Bukan hanya iu teman masih ada lagi hlo.. seperti masyarakat di sekitar sungai harus mengubah tingkah lakunya tentang pemanfaatan air sungai agar air sunagi tidak lagi digunakan tempat pembuangan sampah atau MCK.
Dan juga pihak industri harus melakukan pengolahan limbah yang dihasilkan sebelum dibuang secara aman ke sungai. Jadi sebenarnya kehidupan kita yang membutuhkan banyak air itu ada di tangan kita teman. Kalau kita tetep kayak gini bisa bisa yang akan datang kita tidak bisa menggunakan air lagi hlo....
2. Pemerintah
Untuk menanggulangi pencemaran air pemerintah sebenarnya telah mengeluarkan berbagai UU, contohnya aja
a. Peraturan pemerintah nomor 20 tahun 1990 tentang pengendalian pencemaran air.
b. Keputusan menteri negara kependudukan dan lingkungan hidup nomor KEP-02/MENKLH/I/1998 tentang pedoman penetapan baku mutu lingkungan.
Sebenarnya sih masih banyak lagi tapi kita bahas lain kali aja ea....

Ok selamat menanggulangi pencemaran yang terjadi pada air ea ...
Semoga berhasil....

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger